Rabu, 29 April 2015

Tour planning (Biaya perjalanan wisata)

Nama kelompok 2 :
- Boby Rahman
- Faisal Kusnaidi
- Ibnu Fathan R
- M.Rizky

BIAYA PERJALANAN WISATA

  Ø  Pengertian Biaya Secara Umum

Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang
dinyatakan dengan satuan uang menurut harga yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.
Biaya dibagi menjadi dua :
*      Biaya Eksplisit
*      Biaya Implisit
Biaya Eksplisit adalah biaya yang terlihat secara fisik, misalnya berupa uang .
Biaya Implisit adalah biaya yang tidak terlihat secara langsung , misalnya biaya kesempatan dan penyusun barang modal

Pengertian Biaya Secara Khusus

Biaya adalah pengeluaran yang harus dikeluarkan dalam pembuatan suatu produk dan ada beberapa biaya yang harus diperhatikan :

1)      Direct cost (biaya langsung)
Yaitu semua jenis biaya yang secara langsung digunakan dalam produksi paket wisata .
Contoh:
1. biaya akomodasi
2.. Transportasi
3. guide fee

2)      Inderect cost (biaya tidak langsung)
Yaitu semua jenis biaya yang tidak langsung digunakan dalam pembuatan paket wisata
Contoh:
1.Gaji karyawan
2.Biaya Marketing
3. Biaya pengembangan.

3)      Saving cost/standbay cost
Yaitu perhitungan biaya yang digunakan untuk berjaga-jaga apabila terjadi perubahan biaya yang tidak direncanakan
Contoh :
1.dana kesehatan
2.dana sumbangan


4)      Variable cost ,
Yaitu  biaya yang berubah karena jumlah.
Contoh :
1. Biaya Masuk Pax  ( Entrance fee for pax  / Admission Fee )
2. Biaya Makan (Meals)
3. Biaya Akomodasi
4. Biaya Kendaraan umum (public tansportation)
5. Biaya Pengurusan Bagasi (Porterage fee)
6. Biaya Asuransi


5)      Fixed cost (biaya tetap)
yaitu biaya yang tidak berubah karena frekuensi atau jumlah
Contoh :
1. Biaya Transportasi Charter
2. Biaya Pemandu Wisata
3. Biaya Sopir ( Driver fee )
4. Biaya Parkir ( Parking fee )
5. Sumbangan  (Donation)
6. Biaya Masuk Kendaraan  ( Entrance Fee for Car )
7. Biaya Jalan Toll  ( Toll Fee )
8. Waiter’s Tip
9. Biaya Administrasi

6)      Semi-variable costs ,
Yaitu sifatnya variable tapi juga tetap dimana biaya seperti ini harus dihitung secara fixed cost.
Contoh :
1.donation
2.tips



  Ø  Pengertian Harga Paket wisata

Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran atau produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran/marketing mix (4P = product, price, place, promotion/produk, harga ,distribusi, promosi).
Harga adalah suatu nilai tukar dari produk atau barang maupun jasa yang dinyatakan dalam suatu monete.

Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatau perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh keuntungan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.

Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang akan dapat diperoleh perusahaan

  Ø  Macam-macam biaya paket wisata

Tour Berdasarkan Kelas/tariff :
   A.      Tourist class    : tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang satu
   B.      Budget class    : tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang dua
   C.      Standard class : tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang tiga
   D.     First class        : tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang empat
   E.      Deluxe class    : tour yang dilaksanakan dengan menggunakan hotel bintang lima


8 komentar: